1-800-987-654 admin@totalwptheme.com

BENTANI

Motto Sahabat Setia Petani

Visi   Kita Peduli untuk membantu Membangkitkan kembali Pertanian Indonesia     sebagai negara Agraris

Misi   Bertekad untuk menjadi Perusahaan terkemuka di Indonesia yang menjadi  pilihan masyarakat khususnya petani serta  partner pemerintah dalam  memajukan teknologi bidang Pertanian 

Pentingnya Teknologi Pertanian untuk Kemajuan Pertanian Indonesia

Pertanian merupakan sektor yang sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia sejak masa prasejarah hingga saat ini. Begitu juga dengan Indonesia, pertanian tidak bisa dilepaskan karena Indonesia sampai saat ini masih merupakan negara agraris. Meskipun saat ini Indonesia sedang bergerak menuju negara perindustrian, sektor pertanian masih memegang perekonomian Indonesia.

Dalam era globalisasi, untuk memenangkan persaingan antar negara maka sepatutnya kita harus memiliki sumber daya yang dapat diandalkan dan memiliki daya saing yang unggul, yaitu terbangunnya efisiensi yang tinggi pada seluruh tingkatan pelaku ekonomi, tidak terkecuali bidang pertanian sebagai sektor yang memiliki nilai strategis dalam kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto, penyerapan tenaga kerja dan penciptaan kesempatan kerja, peningkatan pendapatan masyarakat, perolehan devisa negara, dan lain-lain.

 Akan tetapi kondisi pertanian Indonesia saat ini tidak terlepas dari berbagai macam masalah yang dihadapi diantaranya :

  1. Masalah penurunan kualitas sumber daya lahan pertanian (pemakaian pupuk an-organik).
  2. Kuantitasnya konfeksi lahan di daerah Jawa terus terjadi penciutan luas lahan pertanian
  3. Terbatasnya aspek ketersediaan infrastruktur penunjang pertanian (waduk serta irigasinya).
  4.  Masih panjangnya mata rantai tata niaga pertanian.
  5. Terbatasnya akses layanan usaha terutama di permodalan.
  6. Kelemahan dalam sistem alih teknologi, dimana ciri utama pertanian modern adalah produktivitas, efisiensi, mutu dan kontinuitas pasokan, dll

Berbagai permasalahan pertanian di Indonesia berdampak pada hasil pertanian yang buruk sehingga produk impor lebih banyak beredar, dampak sosial yakni banyak generasi penerus petani  yang tidak tertarik dengan desa karena kurang begitu prospek secara ekonomi dan mobilitas, sehingga banyak generasi penerus petani memilih urbanisasi dengan alih profesi.

Oleh karena itu untuk menangani masalah pertanian di Indonesia Pengembangan teknologi baru sangat dibutuhkan khususnya antara lain dalam Penggunaan alat-alat Pertanian yang tepat guna.

Perawatan, pemanenan, dan pengolahan pascapanen juga tidak bisa terlepas dari teknologi alat pertanian. Contoh pada penanganan pascapanen padi, saat ini alat pemanen padi telah berkembang dari ani-ani dan sabit menjadi alat pemotong yang disebut sabit bergerigi, reaper, reaper binder, stripper, dan combine harvester. Cara perontokan padi juga telah mengalami perkembangan yaitu dengan menggunakan pedal thresher dan power thresher. Proses pengeringan padi telah dibagi menjadi tiga yaitu, tumpukan datar (Flat Bed), sirkulasi (Recirculation Batch), dan kontinyu (Continuous –Flow Dryer).

Dengan penggunaan alat-alat pertanian modern ini diharapkan pengolahan pertanian dari awal pemilihan benih, perawatan, pemanenan, hingga penanganan pasca panen dapat meningkatkan produktivitas pertanian. Produk pertanian yang dihasilkan akan lebih baik dari segi kualitas dan kuantitas,  serta efisien dari sisi biaya, waktu dan tenaga.

Perkembangan Teknologi pertanian di indonesia sudah semakin bagus. Di pedesaan kita mulai dapat menemui handtractor, penggiling padi, hingga tressure yang sudah digunakan dan dikenal oleh para petani.

Saat ini sudah banyak Perusahaan-perusahaan alat pertanian bertebaran menawarkan produknya, salah satunya yakni : PT Intratek Inti Anugrah, Jl. Raya Setu No. 007 Cibuntu (Cibitung-BEKASI, INDONESIA), yang salah satu usahanya  bergerak dibidang penyediaan Mesin & Alat-alat pertanian dengan merk dagang “BENTANI